SILABUS DAN RPP


SILABUS

Nama Sekolah                            : SMA Negeri 1 Ketapang
Mata Pelajaran                             : Ekonomi
Kelas / Program                          : X (sepuluh)
Semester                                     : I (ganjil)    
Standar Kompetensi                  : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi
Alokasi                                       : 15 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat

1.1.Mengidentifikasi kebutuhan manusia










1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas








1.3.   Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu  tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi

1.4.   Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain



1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi

Kebutuhan Manusia
·     Pengertian Kebutuhan
·     Macam-macam kebutuhan








Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
·     Pengertian kelangkaan
·     Faktor penyebab kelangkaan
·     Pengalokasian sumber daya ekonomi.





Masalah Pokok Ekonomi
·     Barang apa yang diproduksi.
·     Bagaimana cara memproduksi.
·     Untuk siapa barang diproduksi.

Biaya peluang.
·     Pengertian biaya peluang.
·     Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.





Sistem Ekonomi
·     Pengertian sistem eknomi
·     Macam-macam sistem ekonomi
·     Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
·     Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.


·     Mencari informasi tentang  pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
·     Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
·     Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
·     Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan.

·     Menggali informasi tentang kelangkaan.
·     Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
·     Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
·     Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.


·     Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah.



·     Mengkaji referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
·     Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan  kerja bila melakukan produksi di bidang lain.




·     Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi
·     Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan


·     Mendeskripsikan pengengertian kebutuhan.
·     Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.








·     Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
·     Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
·     Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.






·     Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.




·     Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
·     Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.




·     Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi
·     Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi).


Jenis Tagihan:
·     Kuis,  pertanyaan lisan, ulangan,  Tugas Individu,  Tugas Kelompok





Bentuk Tagihan:
·     Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, jawaban singkat.

3x 45 menit










3x 45 menit












3x 45 menit






3x 45 menit








3x 45 menit



Buku Ekonomi Kelas X Penerbit ESIS Pengarang Alam S MM Tahun 2007


SILABUS

Nama Sekolah                            : SMA Negeri 1 Ketapang
Mata Pelajaran                           : Ekonomi
Kelas / Program                          : X (sepuluh)
Semester                                     : I (ganjil)    
Standar Kompetensi                  : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Alokasi                                       : 10 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat

2.1.Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi







2.2.Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram











2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen

Perilaku konsumen dan produsen
·     Manfaat dan nilai suatu barang
·     Perilaku konsumen
·     Perilaku produsen






Arus lingkaran kegiatan ekonomi
·     Diagram interaksi pelaku ekonomi. (Circulair Flow Diagram)
·     Manfaat interaksi pelaku ekonomi






·     Pelaku  Ekonomi

·     Membahas manfaat dan nilai suatu barang
·     Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka








·     Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi  (Circulair Flow Diagram).
·     Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.







·     Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi  (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka
·     Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi  di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas.


·     Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
·     Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
·     Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (Tabel dan grafik)
·     Mendeskripsikan teori perilaku produsen (Tabel dan grafik)


·     Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)
·     Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.








·     Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
·     Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).

Jenis Tagihan:
·      Kuis,  pertanyaan lisan, ulangan, responsi, laporan kerja praktik, Tugas Individu,  Tugas Kelompok


·     BentukTagihan;
·     Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, menjodohkan, performance, portofolio, jawaban singkat,



3x45 menit










3x45 menit












4x45 menit


Buku Ekonomi SMA Kelas X Penerbit ESIS Pengarang
Alam S MM Tahun 2007






















SILABUS

Nama Sekolah                : SMA Negeri 1 Ketapang
Mata Pelajaran               : Ekonomi
Kelas / Program              : X (sepuluh)
Semester                         : I (ganjil)
Standar Kompetensi      : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Alokasi                           : 20 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Indikator


Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat

3.1.Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran









3.2.Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya




3.3 Mendeskripsi-
      an pengertian
      harga dan jum-
      lah keseim-
      bangan.



















3.4 Mendeskripsi-
       Kan berbagai
       Bentuk pasar
       Barang.







3.5 Mendeskripsi-
      Kan pasar input

Permintaan dan Penawaran
·     Pengertian Permintaan dan kurva permintaan.
·     Faktor yang mempengaruhi permintaan.
·     Pengertian penawaran dan kurva penawaran
·     Faktor yang mempengaruhi  penawaran
Hukum Permintaan dan Penawaran










Harga Keseimbangan
·     Fungsi permintaan dan penawaran.
·     Kurva permintaan dan penawaran.
·     Harga  dan output keseimbangan
·     Pengertian elastisitas dan macam-macamnya.
·     Menentukan Elastisitas permintaan dan penawaran
·     Peranan pemerintah dalam pembentukan harga keseimbangan







Pasar Barang
·     Pengertian pasar barang
·     Bentuk-bentuk  Pasar barang (pasar output)





Pasar Input
·     Pasar Input (Pasar faktor  produksi)

·     Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.
·     Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya).
·     Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari raya).





·     Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
·     Menunjukan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : jeruk pontianak).
·     Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).

·     Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
·     Menghitung elastisitas permintaan dan  penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
·     Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
·     Mendeskripsikan peranan pemerintah dalam pembentukan harga keseimbangan
·     Menggambarkan kurva terbentuknya harga keseimbangan akibat pengaruh peranan pemerintah







·     Mendeskripsikan pengertian dan  bentuk pasar barang  melalui kajian referensi


                





·     Merumuskan pasar input melalui kajian referensi
·     Mencari berbagai bentuk pasar melalui studi lapangan.


·     Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
·     Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
·     Menggambar kurva permintaan dan penawaran.



·     Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya
·     Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.



·     Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambarkan grafiknya.
·     Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
·     Menghitung elastisitas permintaan dan  penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
·     Mendeskripsikan peranan pemerintah dalam pembentukan harga keseimbangan
·     Menggambarkan kurva terbentuknya harga keseimbangan akibat pengaruh peranan pemerintah

§  Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).





·     Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input


Jenis Penilaian:
·      pertanyaan lisan, ulangan,  laporan kerja praktik, Tugas Individu,  Tugas Kelompok




Bentuk Penilaian;
·     Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas, portofolio, jawaban singkat,

6x45 menit












4x45 menit










4x45 menit






















3x45 menit









3x45 menit



Buku Ekonomi
SMA Kelas X Penerbit ESIS Pengarang
Alam S MM Tahun 2007

























SILABUS

Nama Sekolah                      : SMA Negeri 1 Ketapang
Mata Pelajaran                     : Ekonomi
Kelas / Program                    : X (sepuluh)
Semester                               : 2 (genap)
Standar Kompetensi            : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi                                 : 7 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat




4.1.Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro

















4.2. Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi




Ekonomi Mikro dan Makro
·     Pengertian Ekonomi mikro
·     dan Ekonomi makro
·     Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro














Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
·     Kemiskinan
·     Pemerataan pendapatan







·     Mendeskripsikan pengertian

·     Ekonomi Mikro dan Makro melalui  kajian  referensi.


·     Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas

·     Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi.


·     Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro






·     Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
·     Memecahkan Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi.
·     Mengkomunikasikan hasil diskusi.






·     Mendeskripsikan pengertian Ekonomi Mikro dan Makro

·     Mendeskripsikan perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro


·     Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)









·     Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
·     Memecahkan Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.





Jenis Tagihan:
·     pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, Tugas Individu,  Tugas Kelompok















Bentuk Tagihan:
·     uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas,




4x45 menit




















3x45 menit








Buku Ekonomi SMA Kelas
X Penerbit
ESIS Pengarang
Alam S MM Tahun
2007



SILABUS

Nama Sekolah                      : SMA negeri 1 Ketapng
Mata Pelajaran                      : Ekonomi
Kelas / Program                    : X (sepuluh)
Semester                               : 2 (genap)
Standar Kompetensi              : 5.      Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Alokasi                                 : 14x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat

5.1.Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN










5.2.Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional










5.3. Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain




5.4. Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi











Pendapatan Nasional
·     Pengertian Pendapatan nasional
·     konsep PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, dan DI
·     Cara penghitungan pendapatan nasional





Perhitungan pendapatan nasional
·      Manfaat perhitungan Pendapatan Nasional
·     Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran




PDB dan pendapatan perkapita

·     Membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.



Inflasi
·     Pengertian inflasi.
·     Sebab dan cara mengatasi inflasi.
·     Dampak inflasi







Indeks Harga
·     Indeks Harga Konsumen dan Produsen
·     Menghitung inflasi dengan indeks harga




·     Merumuskan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, Pendapatan Disposibel (DI), melalui pengkajian referensi
·     Menghitung Pendapatan perkapita berdasarkan data BPS







·     Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan mengkaji sumber referensi di kelas
·     Menunjukan perbedaan  metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi , pendapatan, dan pengeluaran melalui pengkajian referensi.





·     Mengkaji referensi untuk membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.





·     Mengkaji referensi  tentang  inflasi.
·     Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya melalui pengkajian referensi.
·     Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta di lingkungan sekitar siswa untuk mengetahui dampak inflasi yang mereka alami.  

  
·     Mencari data tentang perkembangan harga kebutuhan pokok di lingkungan siswa, dan menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen


·     Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, Pendapatan Disposibel (disposible income)
·     Menghitung  Pendapatan Per Kapita.







·     Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional
·     Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
·     Membedakan metode perhitungan pendapatan  nasional  dengan pendekatan  pendapatan, produksi dan pengeluaran.

·     Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita  Indonesia dengan negara lain.






·     Mendeskripsikan pengertian  inflasi.
·     Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya
·     Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi



·     Mendeskripsikan indeks harga konsumen dan produsen
·     Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen.

Jenis Tagihan
·     pertanyaan lisan, ulangan, Tugas Individu,  Tugas Kelompok







Bentuk Tagihan;
·     Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.

















2x45 menit











3x45 menit













3 x 45 menit







3 x 45 menit










3 x 45 menit


Buku Ekonomi SMA Kelas
X Penerbit
ESIS Pengarang
Alam S MM Tahun
2007






SILABUS

Nama Sekolah                      : SMA  Negeri 1 Ketapng
Mata Pelajaran                     : Ekonomi
Kelas / Program                    : X (sepuluh)
Semester                               : 2 (genap)
Standar Kompetensi            : 6. Memahami konsumsi dan investasi
Alokasi                                 : 11 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat

6.1.Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan







6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi







Penerapan fungsi matematika dalam ekonomi
·     Fungsi Konsumsi
·     Fungsi Tabungan






·     Kurva Permintaan Investasi

·     Mengkaji referensi untuk menentukan harga, out put keseimbangan, laba / rugi dan produksi optimum dengan fungsi matematis dan dan menggunakan tabel dan grafik.





·     Mengkaji referensi tentang kurva permintaan investasi

·          Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
·          Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya





·     Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan  statistik dalam analisis ekonomi

Jenis Tagihan:
·      ulangan, laporan individu atau kelompok







Bentuk Tagihan;
·     uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.

5 x 45 menit









6 x 45 menit


Buku Ekonomi SMA Kelas X Penerbit
ESIS Pengarang
Alam S MM Tahun 2007









SILABUS
Nama Sekolah                      : SMA Negeri 1 Ketapang
Mata Pelajaran                     : Ekonomi
Kelas / Program                    : X (sepuluh)
Semester                               : 2  (genap)
Standar Kompetensi            : 7. Memahami uang dan perbankan
Alokasi                                 : 16 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat

7.1.Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang






7.2.Membedakan peran bank umum dan bank sentral















7.3Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter

Permintaan dan penawaran uang
·     Pengertian Permintaan dan Penawaran Uang
·     Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang


Bank
·     Pengertian Bank
·     Peran bank umum dan bank sentral
·     Lembaga Keuangan Bukan Bank



·     Kredit.








Kebijakan pemerintah di bidang moneter
·     Kebijakan moneter.

·     Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang melalui kajian referensi






·     Mendiskusikan jenis, fungsi, serta cara memanfaatkan produk bank dan lembaga keuangan lainnya dalam kehidupan sehari-hari melalui kajian referensi/studi lapangan.



·     Mengkaji referensi tentang pengertian kredit, persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit, kebaikan  kredit dan keburukan kredit.





·     Merumuskan kebijakan moneter dengan mengkaji sumber bahan


·     Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang
·     Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang



·     Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat.
·     Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk Bank  dalam kehidupan sehari-hari.

·     Mendeskripsikan konsep kredit.
·     Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C).





·     Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga
·     Mendeskripsikan kebijakan  moneter


Jenis Tagihan:
·     ulangan, laporan kerja praktik, Tugas Individu,  Tugas Kelompok



Bentuk Tagihan;
·      Pilihan ganda, uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas,  portofolio.

6 x 45 menit








4 x 45 menit
















6 x 45 menit

Buku
Ekonomi SMA Kelas X Penerbit
ESIS Pengarang
Alam S MM Tahun 2007